031 7671122 Ext. 115info@asmisurabaya.ac.id

Puput Palipuring Tyas (Sekretari ASMI 2008-2012)

Puput Palipuring Tyas Alumni asmisurabaya

Definisi sukses memang beragam. Sukses di mata saya adalah mampu bersaing dan memiliki nilai kompetensi tinggi di bidang yang digeluti sesuai passion masing-masing. Sempat bekerja sebagai sekretaris, saya memutuskan resign dan kembali pada bidang copywriting yang saya tekuni sejak 2010 hingga sekarang. Lantas, apakah pendidikan yang saya tempuh di ASMI Surabaya tidak ada jejaknya?

Tentu tidak. Belajar di ASMI Surabaya bukan hanya tentang cara menjadi sekretaris atau tenaga profesional di bidang administrasi perkantoran saja, lebih luasnya adalah tentang soft skill secara menyeluruh. Landasan mental serta profesionalitas yang ditanamkan dosen selama masa kuliah membuat saya lebih paham apa dan bagaimana bertindak di dunia kerja.

Hal itu menjadi nilai lebih untuk rekan kerja dan para klien yang mengakui bila saya sangat mudah diajak berkomunikasi disertai attitude yang tinggi. Dari ibu dan bapak dosen saya di ASMI Surabaya, saya belajar bagaimana bertutur, bertindak, membuat keputusan, serta merumuskan kerangka berpikir secara lebih logis.

Bahkan ketika saya berkesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri, nilai-nilai yang ditanamkan oleh Ibu Toeti Oetami selaku Direktur ASMI Surabaya kala itu selalu saya bawa kemana saja—ketika menghadiri jamuan makan bersama tamu-tamu besar atau berkomunikasi dalam forum dengan penuh percaya diri.

Lebih dari itu, saya belajar bagaimana berpenampilan rapi, cara duduk, cara bicara, intonasi suara, bahkan cara berdiri yang tidak bisa dipelajari di kampus-kampus lain. Sungguh dalam hal ini saya beruntung pernah menjadi bagian dari ASMI Surabaya, sebab di masa persaingan kerja yang ketat, otak yang pintar saja tidak cukup.

Para user dan klien menuntut kualitas lain yakni tentang sikap dan cara ‘menguasai panggung’. Kini, telah hampir 10 tahun saya bekerja sebagai copywriter dengan karya tersebar di banyak perusahaan maupun media digital. Saya berterima kasih kepada jajaran dosen (yang hingga kini masih berhubungan baik) serta teman-teman alumni yang telah mewarnai proses belajar saya. Yang bisa saya sampaikan untuk adik kelas atau calon mahasiswa hanya satu hal, “Whatever you do, do it with your heart”. Bravo ASMI Surabaya dan teruslah mencetak generasi unggulan !

Puput Palipuring Tyas (Sekretari ASMI 2008-2012), kini bekerja sebagai Copywriter dan Editor di beberapa portal media